Sitename

Description your site...

Para Nasabah BCA Tutup Kartu Kredit, Karena Takut Terkena Pajak

Para Nasabah BCA Tutup Kartu Kredit, Karena Takut Terkena Pajak

FOREXFBS.NET – Para Nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berbondong – bondong menutup akun kartu kredit akibat takut transaksinya diintip Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Penutupan akun tersebut bahkan naik tiga kali lipat dari bulan – bulan biasa.

Direktur BCA Santoso mengatakan, selain alasan itu memang ada yang lain. Namun, momennya persis bertepatan ketika Ditjen Pajak mengumumkan akan melihat data transaksi kartu kredit.

“Kalau setiap bulan kira-kira tutupnya bisa karena kredit macet atau enggak mau lagi. Itu naik jadi tiga kali dari normal, katanya enggak mau pakai kartu kredit lagi takut dipantau pajak,” ujarnya di Jakarta, Selasa Kemarin (17/5/2016).

Dia menerangkan, penurunan drastis penggunaan kartu kredit terjadi pada April. Sementara sebulan sebelumnya Ditjen Pajak merilis surat akan mengintip data kartu kredit. “Tadi yang saya sempet share sejak 22 Maret issued surat pajak, masuk ke media awal April. Januari-Maret normal, khusus April naik tiga kali lipat dari penutupan normal,” katanya.

Menurutnya, memang data nasabah kartu kredit tidak dilindungi Undang-Undang (UU) karena berbentuk rekening pinjaman. Beda dengan rekening penyimpanan yang dilindungi.

“Itu kan sudah ada Undang-Undangnya (tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan) pasal 35 a. Kalau kartu kredit rekening peminjam enggak dilindungi,” Tandas Santoso.

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below